3 Manfaat dan Kandungan Gizi dalam Buah Apel

Apel yang renyah dan manis merupakan salah satu buah paling populer di dunia. Sebagai bagian dari diet sehat, apel diyakini mampu melindungi tubuh dari risiko penyakit kronis, mulai dari jantung, diabetes, hingga kanker. Beberapa penelitian menunjukkan buah apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Untuk mendapatkan khasiatnya tersebut, Anda disarankan untuk memakan seluruh bagian apel, dari kulit hingga dagingnya. Anda pun dapat menggunakan apel menjadi bahan kue atau pie. Tapi, zat gizi pada apel bisa hilang dalam proses pengolahan atau pemasakan. Makanya, akan lebih baik untuk mengonsumsi buah apel segar yang matang supaya Anda memperoleh semua nutrisinya.

Zat gizi yang terkandung pada buah apel

Tak selalu merah, buah apel juga ada yang berwarna hijau dan kekuningan. Plus, rasanya juga bermacam-macam. Ada yang manis seperti madu, ada juga yang asam walaupun sudah matang. Apapun warna dan rasanya, apel tetap buah sehat yang kaya nutrisi.

Berdasarkan data dari US Department of Agriculture, dalam 1 buah apel berukuran sedang, atau sekitar 182 gram, mengandung:

  • 156 gram (g) air
  • 94,6 kalori
  • 25,1 g karbohidrat
  • 4,37 g serat
  • 18,9 g gula total
  • 10,9 miligram (mg) kalsium
  • 9,1 mg magnesium
  • 20 mg fosfor
  • 195 mg kalium
  • 8,37 mg vitamin C
  • 5,46 mikrogram (mcg) folat atau vitamin B9
  • 49,1 mcg beta karoten

Apel nyaris tidak mengandung lemak dan termasuk buah yang bebas kolesterol. Namun, apel kaya akan antioksidan, senyawa tanaman seperti flavonoid, serat, air, vitamin dan mineral.

Buah satu ini memang mengandung gula dan karbohidrat. Tetapi, jenis karbohidrat pada apel adalah karbohidrat kompleks yang tidak menyebabkan kadar gula darah Anda jadi naik drastis.

Apel juga diperkaya oleh protein, vitamin B1, B2, B3, B6, zinc, tembaga, zat besi, natrium, kolin, vitamin A, E, D, K, lutein, zeaxanthin, serta asam ursolat. Baik dimakan langsung, dibuat jus, atau dijadikan salad buah, manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi.

Manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh

Berkat kandungan antioksidan dan senyawa aktif lain, serta vitamin dan mineralnya, apel dipercaya bisa membantu mencegah berbagai penyakit kronis. Tidak heran jika ada istilah “An apple a day keeps the doctor away”, yang artinya makan satu buah apel sehari bisa menghindarkan diri dari penyakit.

Nah, di bawah ini adalah sejumlah manfaat apel untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Memelihara kesehatan pencernaan dan menjaga berat badan

Jenis serat yang dimiliki apel bernama pektin. Serat tersebut larut dalam air dan akan diurai di dalam usus. Selain serat larut air, apel juga mengandung serat yang tidak larut air. Kandungan serat ini paling banyak terdapat pada kulit apel.

Pektin akan memperlambat pencernaan makanan, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Alhasil, nafsu makan dapat ditekan dan mencegah Anda kalap saat makan. Dengan begini, apel turut berperan dalam menjaga berat badan, bahkan dipercaya bisa menurunkannya.

Hal tersebut didukung oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang menjadikan buah apel sebagai hidangan pembuka cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada mereka yang tidak makan apel.

Mengonsumsi makanan tinggi serat juga akan mengurangi kemungkinan naiknya asam lambung, serta meredakan gejalanya. Serat pektin ini dapat membantu mengatasi diare dan sembelit.

  1. Menjaga kesehatan jantung dengan mengontrol kolesterol

Sejumlah penelitian menemukan polifenol, fitonutrien, dan serat pada apel memainkan peran dalam melindungi pembuluh darah juga jantung dari kerusakan, plus mencegah penumpukan kolesterol.

Tidak hanya itu, senyawa aktif pada apel juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL). Sebuah studi yang berlangsung selama 7 tahun juga menemukan wanita yang makan apel mengalami penurunan risiko penyakit jantung hingga 22%.

Hasil yang sama ditunjukkan pada penelitian di Belanda bahwa mengonsumsi apel dan pir dapat mengurangi risiko stroke hingga 52%, berkat serat serta flavonoid bernama quercetin.

  1. Menurunkan risiko diabetes dengan mengendalikan kadar gula darah

Sudah disinggung sebelumnya, karbohidrat kompleks pada apel tidak akan membuat gula darah Anda melonjak drastis. Apel adalah salah satu buah yang mempunyai indeks glikemik rendah. Makanya, buah apel diyakini baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Zat fitonutrien dalam apel membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Fitonutrien ini diduga membantu mencegah lonjakan gula darah dengan merangsang sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.

Ditambah lagi, fitonutrien menghambat enzim pencernaan yang berfungsi memecah karbohidrat menjadi gula sederhana dan mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah. Antioksidan dalam apel juga mampu menjaga kesehatan pankreas. Penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi apel dapat menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung pada penderita diabetes.

Namun, penderita diabetes tetap disarankan untuk memeriksa kadar gula darah secara rutin dan makan apel segar–dibandingkan dengan produk apel kemasan (misalnya jus).

Setelah mengetahui manfaat buah apel, Kamu bisa mendapatkan buah ini dalam kondisi segar yang diambil langsung dari petani di TaniHub. Caranya cukup buka browser dan kunjungi https://TaniHub.com atau download aplikasinya di Apple Store maupun Google Play Store

Tak hanya mudah, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti selalu menyediakan panen maupun produk segar, terbaik, dan berkualitas yang dipanen/diambil langsung dari petani Indonesia, membeli produk di TaniHub artinya juga sudah turut mendukung pertanian & perekonomian lokal, memiliki layanan pengantaran yang cepat. Hari ini pesan, besok tiba di depan pintu rumah, memiliki berbagai macam metode pembayaran yang mudah digunakan, memiliki layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, mendukung penuh kepuasan pelanggan, jika ada produk yang tidak sesuai, akan diganti serta banyak promo menarik yang membuat belanja jadi hemat tiap minggunya.

Yuk belanja di TaniHub