Manfaat menggunakan Aplikasi Pembukuan Toko dan Cara Memilihnya

Mendirikan usaha kedai atau toko offline tentunya membutuhkan staff kasir beserta alat-alat pendukungnya untuk mewujudkan kegiatan jual beli yang teratur dan mumpuni.

Banyak para pengusaha yang masih terjebak dengan cara-cara konvensional seperti menggunakan teknologi mesin kasir yang sudah tua, sistem pembukuan yang manual, dan penggunaan metode pembayaran yang tidak update.

Untuk menjaga kegiatan bisnis Anda tetap efektif dan memiliki pencatatan keuangan yang teratur, penggunaan teknologi aplikasi pembukuan toko adalah solusinya.

Apa Itu Aplikasi Pembukuan Toko?

Aplikasi pembukuan toko adalah teknologi yang memudahkan para pengusaha dalam memonitor keuangan yang masuk dari alur kasir toko. Di dalamnya terdapat program yang menyediakan keperluan data toko Anda dengan fitur serta menu yang sederhana serta beberapa fasilitas pokok yang disediakan.

Dengan segala kecanggihan fitur di dalamnya, Anda tidak perlu pusing jika kelewatan beberapa detail dalam catatan keuangannya. Semua akan terekam runut dan rapi tanpa perlu memakan banyak waktu. Lantas, tipe bisnis apa aja sih yang kira-kira butuh aplikasi pembukuan toko ini?

Sebagian besar dari perusahaan kecil-kecilan memulai pengaturan keuangan bisnisnya dengan aplikasi pembukuan toko ini, lho!

Di antaranya kedai kopi, restoran, retail, dan banyak lagi toko yang membutuhkan kemudahan lebih dalam mengontrol keuangan bisnis dan tentunya fokus lebih jauh pada hal yang paling utama dalam menjalankan bisnis, yaitu memuaskan pelanggan. Jenis bisnis lainnya tentu juga bisa menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi pembukuan toko tentu sudah bermacam-macam jenis dan fiturnya, Anda pun akan mempunyai banyak pilihan.

Namun, pilihan ini harus dibuat dengan ekstra hati-hati karena aplikasi inilah yang nantinya akan menyimpan catatan maupun laporan penting untuk perusahaan Anda. Yuk, ketahui lebih lanjut hal-hal apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam memilih aplikasi pembukuan toko!

7 Cara Memilih Aplikasi Pembukuan Toko

1. Cermati Basis Aplikasi Pembukuan dan Aspeknya

Pertama-tama yang harus Anda pertimbangkan adalah basis pengelola aplikasi pembukuan itu sendiri, dikelola secara online atau offline.

Pertimbangan ini menjadi penting karena penggunaan dua jenis basis tersebut memberikan fasilitas dan keuntungan yang berbeda.

Jika Anda dan toko Anda selalu terhubung dengan internet, maka aplikasi pembukuan basis online-lah yang cocok bagi usaha Anda.

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan toko basis ini, Anda dapat mengelola bisnis Anda secara praktis. Cukup bermodal smartphone dan komputer serta pemasangan aplikasi di dalamnya.

Selain itu, sistem yang digunakan juga dapat melakukan pembaruan secara otomatis, jadi tidak perlu khawatir lagi dengan masalah tersebut.

Penggunaan aplikasi pembukuan online juga memberi akses pengusaha untuk bisa mengawasi keadaan finansial usahanya di mana pun dan kapan pun selama berada dalam jaringan.

Pengelolaan datanya pun juga tidak merepotkan, semua penyimpanan data dilakukan secara online dan tidak perlu mengumpulkan data kertas yang berceceran.

Namun, jika jenis usaha Anda adalah tipe yang membutuhkan proses yang cepat dan tidak terhubung dalam jaringan internet, maka Anda akan lebih cocok untuk menggunakan aplikasi pembukuan offline.

Pembukuan toko basis offline ini cocok digunakan untuk jenis usaha ritel yang perlu membuat banyak faktur di atas meja dan tidak terhubung dengan internet.

2. Tentukan Daftar Fitur yang Anda Butuhkan

Carilah aplikasi yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk mengetahui persis kebutuhan tersebut, Anda bisa memulai dengan membuat daftar kebutuhan pembukuan toko Anda yang dapat memudahkan bisnis dan pekerjaan akuntan Anda.

Agar tidak ada yang kelewatan, Jurnal mencoba membuat daftar fitur yang kiranya harus ada dalam aplikasi pembukuan pilihan Anda. Beberapa fitur yang penting dan akan Anda butuhkan dalam kegiatan usaha adalah fitur pembuatan faktur, agar tidak perlu menggunakan kertas berceceran.

Pelacakan kategori pengeluaran dan pemasukan juga gak kalah penting untuk mengetahui keuangan dan penjualan kategori tertentu.

Selain itu, pengelolaan inventaris, pembuatan pesanan dan catatan pembelian inventaris, pengelolaan pajak, perekam entri jurnal, penghitung jumlah utang dan piutang akun, pengecek neraca laba dan rugi, serta fitur anggota tim tambahan juga menjadi fitur yang penting bagi usaha Anda.

Akan lebih baik lagi jika aplikasi pilihan Anda juga mendukung fitur track server, fasilitas pengawasan beberapa outlet sekaligus, serta kontrol akses untuk setiap anggota tim toko.

3. Cek Kredibilitas Pelayanan Aplikasi

Bisnis atau usaha itu rentan dengan yang namanya permasalahan finansial. Dengan begitu, Anda juga perlu antisipasi hal tersebut dengan mencari tahu kualitas layanan aplikasi pembukuan toko yang akan Anda pilih.

Sebagus apapun fitur aplikasi pilihan Anda, jika pihak layanannya tidak user-friendly, maka akan beresiko pengaruh negatif pula jika sewaktu-waktu aplikasi maupun bisnis Anda menghadapi masalah.

Untuk memastikan layanan aplikasi pilihan Anda cocok bagi usaha Anda dan user friendly, Anda bisa melakukan searching review pengguna aplikasi tersebut dan hubungi langsung pihak pengelola aplikasi untuk cari tahu pelayanannya seperti apa.

Dengan mengetahui tanggapan pengguna-pengguna sebelumnya, Anda bisa mengetahui kendala apa saja yang mungkin akan Anda hadapi dengan aplikasi tersebut serta bagaimana pihak pengelola aplikasi menanganinya.

Itulah serangkaian hal penting yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih aplikasi pembukuan toko. Untuk mendapatkan fitur-fitur mutakhir dan kemudahan berbisnis, Anda bisa menjadikan aplikasi Jurnal sebagai pilihan Anda.

Dengan aplikasi pembukuan toko Jurnal, Anda bisa dengan tenang menjalani kegiatan usaha Anda. Tampilan menarik dan sederhananya menjamin manajemen toko yang lebih praktis dan akurat.

Selain itu, ragam metode pembayaran, serta fitur lengkap lainnya bisa Anda pantau dalam satu genggaman gadget Anda, di mana pun dan kapan pun!

Tentunya dapat menghasilkan laporan komprehensif yang tidak mengakibatkan laporan keuangan usaha Anda jadi petaka.

Yuk, coba dan buktikan dengan mengikuti uji coba 14 hari, gratis tanpa kontrak, tanpa kartu kredit di link ini https://www.jurnal.id/id/fitur/mobile-app/! Karena sudah saatnya Anda mengubah semua jadi lebih mudah untuk fokus usaha yang lebih prima.